Asnawi Mangkualam Dorong Pemain Indonesia Berani Merantau

By ommed


nusakini.com - Asnawi Mangkualam memberikan dukungan agar para pemain Indonesia lainnya berani untuk meninggalkan zona nyaman dan merantau ke luar negeri.

Wakil kapten tim nasional Indonesia di Piala AFF 2020 kemarin merupakan salah satu penggawa Skuad Garuda yang bermain luar kompetisi tanah air.

Bek kanan berusia 22 tahun itu tercatat membela klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners sejak Januari 2021 dan Kamis (6/1) kemarin, ia resmi memperpanjang kontraknya untuk satu tahun ke depan.


Bermain di kompetisi yang lebih bagus ketimbang Liga 1 berdampak positif bagi Asnawi, baik dari segi teknik mau pun mentalitas, dan dengan pengalaman berharga yang didapatkannya, ia tak ragu untuk mendorong rekan-rekannya di tanah air, terutama yang lebih muda, untuk mengikuti jejaknya merantau ke mancanegara.

"Ya, itu [main di luar negeri] bagus juga buat timnas Indonesia. Saya harap pemain-pemain yang dapat tawaran jangan menolak hal itu, kan buat karier mereka apalagi mereka lebih muda dari saya," kata Asnawi dikutip CNN.


"Dan saya harap mereka tidak menolak. Kalau bisa langsung terima saja berapa pun nominalnya [gaji] dan lain-lain. Risiko main di luar ya seperti itu. Kita harus berjuang dulu baru dapat hasil yang baik."

Kiprah Asnawi di Korea Selatan selama setahun terakhir cukup diperhitungkan. Musim 2021 kemarin, yang merupakan debutnya di Negeri Gingseng, ia dipercaya tampil 14 kali dan mengoleksi 1003 menit bermain di kompetisi K League 2.

Pun demikian di Piala AFF kemarin, eks pemain PSM Makassar tersebut juga menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong dan berperan besar dalam membantu timnas Indonesia menjadi runner-up. (gi/om)